Recent Posts

Selasa, 15 November 2011

Belajar Membatik Yuk!



Mewariskan dan menerima warisan merupakan suatu rangkaian kehidupan yang sudah lazim dalam kehidupan masyarakat. Waris dengan berbagai hukum dan pola tatanannya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan istilah pelestarian dan keberlanjutan. Keberadaan batik sebagai warisan budaya asli bangsa Indonesia menjadi salah satu hal yang patut dilestarikan. Sebagai generasi muda yang peduli dengan budaya bangsa, sudah seharusnya kita turut ambil peran dalam pelestarian batik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan belajar bagaimana cara membuat batik itu sendiri. Melalui proses belajar ini, kita dapat mengetahui setiap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam helaian kain batik.
Nah, untuk lebih jelas mengenai teknik dan langkah-langkah membatik, mari ikuti panduan dibawah ini. Selamat mencoba!
A.    Persiapan Bahan
Alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan batik adalah sebagai berikut:

1.     Kain mori (bisa terbuat dari sutra atau katun)
2.     Canting sebagai alat pembentuk motif,
3.     Gawangan (tempat untuk m enyampirkan kain)
4.     Lilin (malam) yang dicairkan
5.     Panci dan kompor kecil untuk memanaskan
6.     Larutan pewarna
B.    Teknik dan Langkah Membatik
1.     Langkah pertama kita membuat desain batik diatas kain mori dengan pensil atau biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada.
2.      Langkah kedua adalah menggunakan canting yang telah berisi lilin cair untuk melapisi motif yang diinginkan. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna.
3.     Proses terakhir adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus dengan air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Anda tidak perlu kuatir, pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah Anda gambar terkena warna, karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur)..

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dengan bahasa yang santun

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More