Recent Posts

Selasa, 15 November 2011

Kampung Batik, Wisata Belanja di Pantura





Panturanews(Pekalongan) – Kampung batik yang disandang oleh desa Kemplong, Kecamatan wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jateng, merupakan kebanggaan warga setempat. Pasalnya, daerah sentra produksi batik tersebut produknya mampu mendunia, sehingga mendatangkan kebanggaan tersendiri bagi warga Pekalongan. Selain itu, kampung batik secara otomatis menjadi objek wisata belanja yang menarik bagi wisatawan, baik manca negara maupun domestic.
 Menurut H. Kamal Bin Daanan, salah seorang pengusaha batik muda mengatakan bahwa predikat kampung batik, membawa konsekwensi dan tanggung jawab terhadap hasil karya batiknya, sehingga menjadikan para pengusaha batik berusaha menjaga kualitas produksi batiknya, agar tidak kalah bersaing dengan jenis batik yang kini makin beragam.

Desa Kemplong  Kecamatan Wiradesa,  terletak kurang lebih 50 meter dari jalan utama pantura Kecamatan Wiradesa, dengan luas wilayah 43,947 Ha.  Letak desa Kemplong sangat strategis karena berada pada posisi perempatan  antara Kota Wiradesa Kajen dengan Kota Pemalang – Wiradesa – Pekalongan.
Dari segi kewilayahan dan penduduknya, Desa Kemplong tumbuh sebagai sentra pembatikan yang sangat sangat strategis, karena berada pada posisi jalan raya Jakarta – Surabaya. Jalur ini memberi peluang yang besar terhadap pemasaran produk batik terutama akses yang luas dari para pengguna jalan raya di lintas pantura.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dengan bahasa yang santun

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More